Tuesday, March 6, 2018

Koleksi Unik dan Ulasan Pakaian Adat Sunda

PAKAIAN ADAT SUNDA 

Indonesia memiliki keberagaman yang unik dan menakjubkan. Dengan mengulas budayanya saja tentu tidak cukup satu-dua halaman. Seperti di foto ini adalah Pakaian adat Sunda atau dikenal dengan istilahnya adalah baju kampret. Kenapa diistilahkan demikian? 
Karena warnanya yang hitam baik atasan dan bawahan,  seperti kampret  atau kalong, maka disebut sebagai baju kampret Sunda. Selain baju kampret, pakaian ini juga memiliki istilah lain, yaitu pakaian pangsi Sunda.

Pakaian Sunda ini dipakai sebagai pakaian sehari-hari suku Sunda. Kita temui suku ini banyak sekali di daerah Jawa Barat sekitarnya. Dulu, pakaian adat Sunda ini dibagi berdasarkan strata sosialnya. Seperti pakaian untuk golongan rakyat jelata, lalu untuk kalangan menegah dan juga kalangan bangsawan. Kita dapat melihat perbedaan strata suku Sunda hanya dari pakaiannya saja. Tetapi itu dulu ya moms.. sekarang tentunya sudah tidak demikian.

Foto di atas adalah pakaian adat sunda laki-laki. Bagi laki-laki, biasa memakai celana yang longgar dan atasanya adalah baju salontreng. Paduan atasan dan bawahan disebut Pangsi, dengan asesoris kepala bernama Logen. 

Menarik bukan? Ini baru satu pakaian adat loh moms.. belum ulasan pakaian adat lainya. Ini pun Ju-ni tulis singkat-singkat, hahaha... Wah amazed deh!! 

Link lainnya mengenai Sunda:
http://poskotanews.com/2014/06/03/baju-adat-dan-bahasa-sunda-peringati-hari-jadi-bogor/
 

No comments:

Post a Comment